Golongan Bantuan Dana Pendidikan

Bantuan dana Pendidikan sangatlah banyak jenisnya, mulai dari bantuan pembangunan sekolah atau universitas, apresiasi pelajar atau mahasiswa teladan, hingga bantuan beasiswa. Beasiswa merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah, organisasi, maupun individu melalui tes beasiswa yang diberikan kepada para pelajar yang sedang menempuh studinya baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri. Bantuan yang diberikan sangatlah beragam, mulai dari bantuan dana perkuliahan, bantuan uang saku bulanan, bantuan uang kesehatan, dana seminar internasional, bantuan dana untuk penelitian, hingga kompensasi transportasi yang dapat digunakan penerima beasiswa untuk pembayaran tiket keberangkatan dan kepulangan dari tempat tinggal menuju lokasi studi. Umumnya beasiswa digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu :

  1. Bantuan Dana Kuliah

Golongan yang pertama yaitu bantuan dana kuliah. Bantuan dana ini diberikan kepada penerima beasiswa dalam bentuk pembiayaan studi di universitas yang diambil. Bantuan ini biasanya terbatas hanya untuk membiayai Uang Kuliah Tunggal saja, akan tetapi uang tersebut tidak mencakup dana pengeluaran si penerima beasiswa.

  1. Bantuan Uang Bulanan

Golongan yang kedua yaitu bantuan uang bulanan. Bantuan uang bulanan merupakan bantuan dana yang disediakan penyedia beasiswa dalam bentuk uang untuk kebutuhan hidup si penerima beasiswa sehari hari. Dibanding Bantuan dana kuliah, bantuan uang bulanan lebih menjanjikan, dimana dengan adanya jenis bantuan ini, maka penerima beasiswa akan sangat terbantu dalam pengeluaran dana sehari hari. Bayangkan saja di kota kota pelajar seperti malang ataupun Jogjakarta, dengan porsi makan 40.000 untuk 3 kali makan tiap hari, tentu akan menghabiskan hingga 1.200.000 untuk satu bulannya, belum lagi ditambah uang kos atau kontrakan yang relative mahal. Beasiswa jenis ini contohnya beasiswa ppa dari pemerintah.

Pada dasarnya kedua golongan bantuan dana tersebut sama sama membantu mahasiswa, akan tetapi jika dilihat lebih mendalam, maka jenis bantuan uang bulanan tentu lebih menggiurkan ketimbang bantuan dana kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *