Apa Waktu Terbaik untuk Belajar? Siang atau malam

Waktu Terbaik untuk Belajar

Apa waktu terbaik untuk belajar? Ini adalah salah satu debat tak berujung di kalangan siswa; Apakah lebih baik belajar di malam hari atau siang hari? Setiap pihak memiliki pendukung setia sendiri yang akan berbicara panjang lebar manfaat metode pilihan mereka untuk mencoba dan meyakinkan Anda tentang manfaat pilihan mereka.(SAPS)

Semua orang berpikir mereka tahu apa  waktu terbaik untuk belajar tapi kenyataannya adalah bahwa setiap orang berbeda dan tidak ada pemenang yang jelas dari sudut pandang ilmiah. Ada beberapa orang yang belajar lebih banyak di malam hari sementara yang lain menemukan waktu terbaik untuk belajar pagi atau sore hari. Dari segi alasan obyektif untuk kedua belah pihak, kami telah meneliti manfaat berikut untuk mencoba dan menjawab satu kali dan untuk semua waktu terbaik untuk belajar ?!  (Semakan SAPS)

Best time to study

4 Manfaat Belajar Siang Hari

1. Setelah tidur nyenyak, Anda mungkin akan memiliki lebih banyak energi dan kemampuan berkonsentrasi tinggi keesokan harinya.

2. Masyarakat terstruktur di sekitar yang aktif di siang hari dan tidur di malam hari, jadi dengan tetap berpegang pada norma ini ada manfaat tak terbantahkan seperti bisa pergi ke perpustakaan atau toko buku.

3. Kebanyakan orang dihubungi di siang hari sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan teman atau guru Anda di siang hari jika Anda memiliki pertanyaan.

4. Cahaya alami lebih baik untuk matamu. Cahaya buatan melukai mata kita dan bisa mempengaruhi ritme tidur alami kita.

4 Manfaat Belajar di Malam Hari

1. Orang lebih aktif, lebih keras dan intens di siang hari. Pada malam hari hanya Anda dan burung hantu malam sehingga Anda bisa belajar dengan damai dan tenang.

2. Jika Anda cukup beruntung tinggal di dekat perpustakaan yang buka terlambat, Anda akan melihat bahwa perpustakaan sudah dekat sepi saat Anda ingin belajar terlambat.

3. Pada malam hari ada sedikit gangguan dibanding siang hari. Sebagian besar teman Anda sedang tidur dan jaringan sosial Anda akan kurang aktif.

4. Memang benar bahwa segala sesuatu terlihat berbeda pada malam hari. Malam bisa meningkatkan keampuhan kreatif Anda dan membantu Anda melihat konsep secara berbeda.

Mungkin ada lebih banyak alasan mengapa masing-masing pilihan ini bisa menjadi waktu terbaik untuk belajar. Penting untuk dicatat namun pada akhirnya semuanya tergantung pada preferensi pribadi Anda. Sayangnya, sebenarnya tidak ada ‘waktu terbaik untuk belajar’ yang objektif. Semuanya tergantung pada kepribadian Anda, apa yang Anda pelajari, sumber daya, manajemen waktu dan siklus tidur alami Anda.

5 Tips untuk Waktu Malam Belajar

Jika Anda tahu bahwa Anda belajar lebih baik di malam hari, ikuti tip berikut untuk mendapatkan hasil maksimal dari waktu studi pilihan Anda:

1. Tetapkan Rutin: Jika Anda memutuskan untuk belajar di malam hari, jangan lakukan secara sporadis, buatlah rutinitas belajar. Dengan cara ini tubuh Anda akan terbiasa dan Anda bisa mendapatkan kinerja studi terbaik. Jika Anda belajar selama beberapa hari dan beberapa malam, tubuh Anda akan menjadi gila! Pilih satu dan tetaplah dengan itu.

2. Istirahat: Jika Anda belajar di malam hari, ini tidak berarti Anda seharusnya kurang tidur. Pikiran yang tenang adalah kunci untuk belajar yang sukses jadi pastikan Anda tidak mengabaikan tidur Anda dengan menangkap beberapa ikan zzz di siang hari.

3. Pencahayaan: Itu bisa terjadi pada kita semua; Anda mulai belajar pada malam hari dan hal berikutnya yang Anda tahu malam ini dan Anda sedang belajar dalam kegelapan! Pastikan ini tidak menjadi kejadian biasa. Jika Anda seorang mahasiswa malam, bekerja di ruangan yang terang benderang karena akan memperbaiki studi Anda.

4. Manajemen Waktu: Sangat mudah untuk kehilangan jejak waktu saat belajar di malam hari. Hal ini membuat lebih penting lagi untuk membuat jadwal studi yang menguraikan kapan Anda akan beristirahat. Sebaiknya istirahat 5 sampai 10 menit setiap 50 menit saat belajar. Juga pastikan Anda tetap terhidrasi!

5. Musik: Seperti disebutkan di atas, salah satu manfaat belajar di malam hari adalah meningkatnya tingkat kreativitas Anda. Banyak yang percaya bahwa kreativitas mereka menjadi lebih terasa di malam hari. Itulah sebabnya banyak seniman bekerja sepanjang malam. Ide bagus untuk mendorong kreativitas Anda adalah belajar sambil mendengarkan musik yang mengilhami dan memotivasi Anda.

Jika Anda tertarik untuk belajar dengan musik, lihat artikel kami “Musik untuk Belajar: 10 Tip Memilih Musik Studi Terbaik”.

Jika Anda seorang mahasiswa malam, mengapa menurut Anda ini adalah waktu terbaik untuk belajar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *