Kisah Nabi Yusuf Serta Mukjizatnya

Nabi yusuf merupakan salah satu putra dari nabi Yaqqub. Nabi Yaqqub sangat menyayangi nabi Yusuf lebih dari saudara-saudaranya terlebih setelah ibu nabi Yusuf meninggal dunia. Hal ini membuat para saudaranya sangat iri dengan nabi Yusuf. Kesedihan kisah nabi Yusuf dimulai dari pada suatu hari saudara-saudara nabi Yusuf yang iri dan dengki terhadap nabi Yusuf melakukan sebuah pertemuan untuk merencanakan hal jahat terhadap nabi Yusuf. Mereka berencana membunuh nabi Yusuf supaya seluruh kasih sayang nabi Yaqqub terlimpah kepada mereka ketika nabi Yusuf telah tiada. Tetapi salah satu saudara mereka menyarankan untuk tidak membunuh nabi yusuf tetapi membuangnya ke dalam sumur yang sering dilewati oleh para musafir sehingga ketika para musafir itu menemukan nabi Yusuf maka nabi Yusuf akan dibawa dan dijadikan budak sehingga akan tersingkir dari kehidupan mereka. Dan pada akhirnya para saudara-sudaranya setuju akan pendapatnya itu.

Kisah nabi Yusuf sangat menyedikan karena ia harus terpisah dari ayahnya. Kemudian nabi Yusuf ditemukan oleh para musafir yang sedang lewat dn seelah itu dijual kepada pasangan suami istri yang suaminya itu merupakan salah satu mentri di negeri Mesir. Nabi Yusuf kemudian diangkat sebagai seorang anak. Ia merupakan pemuda yang sangat baik, jujur dan rajin. Nabi Yusuf selain memiliki keistimewaan tersebut juga merupakan seorang laki-laki yang sangat tampan hal inilah salah satu yang membuat para saudaranya iri.

Setelah peristiwa yang terjadi yang menyangkut dirinya dengan ibu angkatnya maka suami dari ibu angkatnya tersebut memutuskan untuk memenjarakan nabi Yusuf untuk memisahan mereka. Setelah berbagai peristiwa yang menyedihkan dilewai oleh nabi Yusuf Allah SWT mengangkat nabi Yusuf sebagai nabi. Ia memulai tugas dakwahnya didalam penjara tersebut dan ia juga mendapatkan mukjizat yaitu dapat menfsirkan mimpi. Ia dapat menfsirkan mimpi kedua pelayan yang ada dalam penjara tersebut dan dalam beberapa hari mimpi yang ditafsirkan nabi Yusuf itu benar. Ia berpesan kepada salah satu pelayan tersebut untuk menyampaikan kemampuannya itu kepada raja tetapi setan telah membuat lupa pelayantersebut akan pesan nabi Yusuf. Seiring berjalannya waktu banyak sekali orang-orang yang datang untuk minta ditafsirkan mimpinya. Nabi Yusuf menggunakan kemampuannya itu untuk sarana berdakwah dan akhirnya banyak orang yang mengikutinya. Hingga pada suatu hari raja mesir mendapatkan mimpi yang aneh. Lalu nabi Yusuf menafsirkan mimpi tersebut dan menemukan solusi dari permasalahan yang ada dalam mimpi raja sehingga raja mau membebaskan nabi Yusuf dari penjara. Kisah nabi Yusuf dan mukjizatnya ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *