Contoh Dan Nama Alat Kesehatan Bidan

Jenis dan ragam alat kesehatan sangat banyak, salah satu jenis alat kesehatan bisa kita dasarkan pada penggunanya. Contoh kecil, seorang dokter bedah dan dokter umum tentu tidak menggunakan atau membutuhkan alat yang sama. Seperti juga dengan bidan. Tentu ada alat Рalat kesehatan khusus yang dipakainya. Pada kesempatan ini, kita akan membahas sedikit tentang nama alat kesehatan bidan berikut fungsinya.

Fetal Doppler

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa alat – alat kesehatan bidan yang saya maksudkan di sini adalah alat medis yang biasanya digunakan oleh bidan, atau alat – alat yang tersedia di unit kebidanan seperti di bidan praktek atau di Rumah Sakit.

Contoh & Nama Alat Kesehatan Bidan

Berikut adalah beberapa contoh alat – alat yang digunakan di unit kebidanan.

1. Fetal Dopler

Fetal doppler merupakan alat yang berfungsi untuk mengecek atau memeriksa detak jantung janin yang masih di dalam kandungan. sekitar 8 minggu biasanya detak jantung janin sudah bisa terdeteksi dengan alat ini. Fetal doppler biasanya digunakan oleh bidan dan dokter kandungan saat memeriksa pasien. Aanda juga sebenarnya bisa menggunakan alat ini secara pribadi, karena alat ini termasuk alat medis yang tersedia bebas di pasaran. Banyak di toko alat kesehatan yang jual fetal doppler dengan berbagai macam model dan merk.

2. USG

Meskipun masih jarang seorang bidan yang menggunakan alat ini. Namun kalau kita lihat di kota – kota besar, sudah cukup banyak bidan yang menggunakan alat tersebut. USG merupakan satu alat canggih yang berfungsi untuk mencitrakan isi dalam tubuh manusia. Seperti bayi di dalam rahim, organ jantung, lambung, dan sejenisnya.

3. Bidan Kit

Saking banyaknya alat – alat yang harus dipenuhi oleh seorang bidan. Sehingga untuk memudahkan pekerjaanya, banyak yang menyediakan Bidan KIT. Yaitu satu set peralatan bidan standar. Terdiri dari berbagai macam alat – alat lainnya seperti gunting dan pinset operasi, clem umbilikal, dan alat sejenisnya.

Saya kira ini saja yah pembahasan kita pada kesempatan ini. Mungkin terlalu singkat, tapi sedikit bisa menambah pengetahuan kita mengenai alat – alat atau nama alat kesehatan bidan yang sering digunakan. Sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *