Apa Sebenarnya Payroll dan Hubungannya dengan Karyawan

Payroll dan Payroll Officer Secara Umum

Ketika Anda memulai bekerja, hal yang tak luput dari perhatian adalah gaji atau kompensasi dari pekerjaan yang sudah Anda lakukan. Selain itu, ada pula hal-hal administratif lainnya yang berhubungan dengan manajemen karyawan seperti rekrutmen hingga evaluasi terhadap kenerrja tiap karyawan di suatu perusahaan. Hal-hal demikian sebenarnya masuk ke dalam administrasi penggajian atau yang umum dan familiar disebut payroll.

Namun, apakah sebatas itu yang bisa Anda pelajari mengenai payroll? Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja terkait payroll yang bisa Anda simak.

Payroll dan Payroll Officer Secara Umum

Secara umum, di perusahaan kecil maupun besar, payroll biasanya dipegang oleh karyawan khusus yang disebut payroll officer. Atau, jika mau mudah menyebutnya, staf bagian HRD adalah si payroll officer ini. Meskipun sudah banyak beredar software HR dan dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau, keberadaan HRD atau payroll officer ini masih sangat dibutuhkan. Hal ini karena sebagian perusahaan, bahkan melakukan pengecekkan ulang terhadap hal-hal administratif menggunakan cara manual karena kekurang percayaan mereka terhadap pihak ke tiga/ software.

Payroll dan Payroll Officer Secara Umum
Payroll dan Payroll Officer Secara Umum

Payroll officer ini berperan sebagai pemberi slip gaji, kemudian membuat laporannya tiap bulan. Tidak hanya sebatas itu, apabila ada masalah dengan gaji karyawan, maka payroll officer inilah yang akan mengurusi. Laporan jaminan kesehatan dan bahkan penggajian untuk karyawan phk pun diselesaikan oleh payroll officer. Merekalah yang mengoperasikan payroll system supaya terkendali dan sesuai ketentuan perusahaan.

Lalu, bagaimana dengan perhitungan pajak penghasilan? Apakah termasuk ke dalam sistem payroll perusahaan? Jawabannya adalah tergantung sistem perusahaan Anda, tapi secara umum, perhitungan ini dilakukan oleh payroll officer juga. Tujuannya tentu untuk memberi potongan gaji kepada karyawan, sehingga Anda tidak perlu susah-susah lagi menghitung dan menyisihkan pajak sendiri, semua bisa ditanggung perusahaan.

Perlu diketahui pajak perusahaan biasanya menyangkut perhitungan PPh 21, PPh 23, dan PPN. Semua itu berbeda-beda, tapi untuk karyawan, pajak diatur dalam undang-undang nomer 21, sehingga disebut PPh 21. Ini juga yang membuat beberapa orang menciptakan aplikasi PPh 21, untuk memudahkan penghitungan pajak karyawan.

Aplikasi perhitungan pajak sendiri sudah banyak beredar di masyarakat, beberapa aplikasi terkenal bahkan bisa dibeli dengan harga yang tidak terlalu mahal. Namun, Anda harus pintar-pintar memilih aplikasi dan pastikan sesuai dengan ketentuan peraturan pajak Indonesia serta ketentuan perusahaan Anda.

Payroll dalam bentuk aplikasi dan sejenisnya ini bisa juga disebut sebagai e-payroll, atau elektronik payroll. Semua kegiatan seperti penyimpanan data karyawan bahkan pemberian slip gaji dilakukan menggunakan sistem elektronik, alias sudah terkomputerisasi. Gaji tinggal ditransfer, data karyawan disimpan dalam database aplikasi. Data ini sudah termasuk berapa banyak karyawan masuk dan izin cuti, terlambat dan urusan-urusan lain yang berhubungan dengan karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *