Kategori: Masjid

Penjual Pentol di Masjid Jember Jawa Timur

Penjual Pentol di Masjid Jember Jawa Timur

Penjual Pentol di Masjid Jember Jawa Timur

Jajanan pentol sedang naik daun pada tahun-tahun terakhir, karena makanan tersebut selain murah, bergizi juga disukai oleh banyak kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua suka dengan jajanan ini. Harganya juga sangat pas dikantong, dengan 5 ribu bisa sudah mengenyangkan perut. Makanya, pedagang pentol ini sudah mulai menjamur dimana-mana, tidak terkecuali pedagang pentol yang ada di sekitar Masjid besar Jember Jawa Timur.

Kebetulan, pada waktu itu memang sedang mengikuti kegiatan Diklat pengurus karangtaruna di Masjid besar itu. Di Masjid itu memang sedang ada pertemuan karangtaruna Masjid dimana akan diadakan pembahasan tentang kinerja untuk menunjang serta membuat akhlak pemuda lebih baik lagi. Terutama untuk para pemuda yang saat ini memang membutuhkan bimbingan khusus agar senang pergi ke Masjid. Makanya, pada saat itu dibahas selain  kinerja juga diskusi kegiatan yang sekiranya bisa sangat pas untuk membuat anak muda mudi kembali senang di Masjid.

Lagi asyiknya ngebahas, tiba-tiba ada mood yang berubah untuk ingin makan, dan makanan yang paling dinginkan adalah pentol. Memang makanan yang satu ini selalu menjadi fovorit dimanapun berada. Kemudian ingin  sekali pergi kedepanMasjid untuk sekedar mencari pengganjal perut itu.

Mata pun tertuju pada keberadaan pedagang pentol dengan gerobak hijau yang bertuliskan Pentol khas Jember. Kayaknya enak bener tuh makanan, dan tanpa tanggung-tanggung langsung membeli dengan jumlah yang cukup banyak biar bisa dimakan secara bareng-bareng nantinya. Yang jelas sama rombongan dari rumah.

Sambil menunggu, karena memang antri juga kita sempatkan ngobrol dengan pedagang tersebut. dia menceritakan tentang omset penjualannya yang bisa mencapai Rp. 3 juta rupiah per bulannya. Wau banyak sekali ternyata itupun katanya ketika ramai bisa mencapai segituan, dan dia yang lama-lama namanya ternyata Bapak Saiman ini sudah berjualan pentol puluhan tahun sekitar sepuluh

read more

Peninggalan Masjid di Kabupaten Lumajang Jawa Timur

Peninggalan Masjid di Kabupaten Lumajang Jawa Timur

Peninggalan Masjid di Kabupaten Lumajang Jawa Timur

Perjalanan masih sangat panjang untuk menuju Gunung Bromo masih sangat jauh, terlebih kita hanya mengendarai mobil panther tua miliknya Fattah yang mungkin tidak akan lama lagi akan patah. Apalah daya sudah sangat lelah kita cari tempat istirahat sejenak di Masjid Lumajang sana. Karena kita sepakan lebih dulu berjalanan di Kabupaten Lumajang yang menyimpaan banyak sejarah karena peninggalan prasasti banyak ditemukan di daerah sana. Seperti prasastii Mula Malurug yang merupakan prasasti tertua yang ada ada dimana keberadaannya menyebutkan Nagara Lamajang. Hal inilah yang membuat dianggapnya Kota Lumajang itu. Sehingga terkenalah di daerah itu dengan sebutan Kabupatern Lumajang. Prasasti ini menurut kisah yang beredar diterbitkan oleh Raja Kertanegara dari Singasari untuk memperingati anugerah Raja Seminingrat kepada Pranaraja berupa dua desa perdikan, mula dan malurung. Cerita cerita itulah yang membuat kami penasaran dan memikirkan ulang jadwal kami untuk berkunjung ke Gunung Bromo karena masih banyak yang perlu kita explore dilain hari di Kota Lumajang ini. Untuk mengisi perut yang sudah keroncongan, kami memikirkan untuk mencari tempat makanan dimana di depan  Masjid yang kami tempati ternyata di seberang jalan ada rumah makan yang bertuliskan makanan khas Lumajang. Okelah kita putuskan untuk kesana karena perut sudah kelaparan.

Ada namanya kue lapis, tapi anehnya gambarnya berbeda dab ternyata kue lapis itu terbuar dari beras ketan, cara masaknya juga dengan direbus dan dibalut oleh daun pisang. Jauh sekali dari bayanganku melihat kue lapisnya. Bentuknya memang segitiga tapi biasanya kue ini di cocol dengan parutan kelama dan dimakan diwaktu sore. Okelh cukup saya Tanya-tanya makanan itu, karena aku harus segera memutuskan memilih makanan. Dan mataku tertuju pada makanan Lontong Petis Lumajang, yang nampaknya enak sekali, karena favoritku sendiri adalah makanan lontong, ternyata tetap ada makanan enak yang

read more